Sentuhan Desain Rumah Minimalis yang Ramah Anak

shares

Desain minimalis dan anak-anak - apakah itu mungkin? Ini menjadi pertanyaan banyak pemilik rumah pecinta desain minimalis. Ini karena desain rumah minimalis biasanya ditampilkan dengan kesan rapi, luas dan tidak ada barang berserakan atau berantakan. Sedangkan anak-anak, sering menaruh mainan atau barang-barang mereka sendiri berantakan di atas lantai. Sehingga butuh sentuhan khusus agar rumah minimalis semakin ramah terhadap anak dan tetap menampilkan kesan minimalis.


desain rumah minimalis
Contoh desain rumah minimalis 


Sentuhan Rumah Minimalis yang Ramah Anak
Inti dari desain rumah minimalis adalah bagaimana semuanya agar terlihat sederhana dan sedap dipandang. Namun, karakter anak-anak yang suka bermain, menaruh barang sembarangan dan tentu saja jumlah barang milik mereka yang banyak, seringnya tidak sejalan dengan ide awal tentang rumah minimalis. Lalu, bagaimana agar membuat rumah tampak minimalis, enak dilihat, rapi, terlihat luas dan tentu saja ramah terhadap anak-anak sehingga mereka tetap bisa bermain? Beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda.

Pertama, setiap barang memiliki tempat masing-masing. Kalau dalam istilah desain dikenal dengan istilah storage. Artinya, setiap apapun ada tempatnya sendiri. Dari mainan anak-anak hingga sampah yang dipisah-pisah juga ada tempatnya. Singkatnya, semuanya punya tempat masing-masing sehingga mudah untuk merapikannya. Tips ini penting dan dibutuhkan untuk melakukan tips kedua berikut ini.
Kedua, peraturan. Ini juga penting. Walaupun anak-anak, mereka bisa diajarkan rasa disiplin dan mematuhi aturan. Mematuhi aturan ini bisa sangat sederhana seperti menaruh mainan pada tempatnya, membuang sampah tidak sembarangan dan lain-lain. Peraturan ini agar diterapkan untuk semua anggota keluarga, bukan saja untuk anak-anak, tetapi juga orang tua.

Ketiga, pemilihan warna. Warna juga harus diperhatikan. Untuk rumah desain minimalis yang ramah terhadap anak, warna yang bisa dipilih adalah warna netral atau warna lembut. Putih dan warna-warna pastel bisa menjadi pilihan. Warna ini terlihat luas, rapi dan tentu saja hangat. Selain itu, warna-warna tersebut juga disukai anak-anak. Tentu saja, warna tersebut juga akan mempercantik tampilan interior desain rumah minimalis.

desain interior rumah minimalis
 Lihatlah bagaimana warna bisa mengubah suasana

Keempat, penataan ruang yang luas. Ini juga harus menjadi catatan penting. Inti dari rumah minimalis adalah dengan menampilkan semuanya agar terlihat lebih sederhana dan luas. Penataan ruang harus berdasarkan konsep awal desainrumah minimalis. Ini berlaku untuk ruang tamu, ruang tidur dan ruang lainnya. Selain itu, penataan ruang dengan memerhatikan aspek ini juga akan membuat anak-anak tetap bisa bermain tanpa merusak tampilan interior. Mereka bisa berlari dan bermain.

Kelima, miliki ruang bermain. Ruang bermain ini tidak harus ruangan khusus untuk mereka bermain dan menaruh mainan mereka. Ini bisa ‘diakali’ agar ruangan biasa pun bisa menjadi ruangan bermain untuk mereka. Ruangan bermain ini tentu harus menyediakan apa yang menjadi kebutuhan anak-anak seperti tempatnya luas agar mereka bisa bermain, tidak ada furniture dengan ujung tajam yang berbahaya bagi mereka dan lain sebagainya.

Keenam, jangan menambah barang-barang dan mainan. Mainan yang digunakan anak-anak, haruslah mainan yang benar-benar mereka sukai dan mainkan. Sehingga tidak butuh waktu lama untuk merapikannya kembali, bahkan tanpa keterlibatan orang tua. Hal yang sama juga berlaku untuk peralatan rumah lainnya seperti piring, barang koleksi dan lain sebagainya. Intinya, jangan menambah peralatan yang tidak dipakai atau dipajang.



Itulah beberapa sentuhan yang bisa dilakukan bagi pemilik rumah desain minimalis, agar rumah terlihat rapi, bersih, luas dan nyaman serta tetap ramah terhadap anak-anak. Tidak ada salahnya untuk bekerjasama dengan kontraktor atau desainer berpengalaman untuk menciptakan rumah minimalis yang ramah anak. Kami siap membantu.

Related Posts

0 comments :

Post a Comment