Trik Bangun Rumah dari Lahan Kosong

shares

Dalam membangun rumah, Anda harus memperhatikan 3 poin penting seperti rumah harus menciptakan rasa aman, nyaman, dan cantik untuk dipandang. Akan tetapi masyarakat lebih memilih rumah yang sudah jadi dibanding membangun rumah dari awal dengan alasan rumah yang sudah jadi cepat untuk ditepati, mudah, dan murah. 

Selain itu, terdapat masyarakat yang memilih untuk membangun rumah dari awal pada lahan kosong karena untuk mewujudkan keinginan pribadi saja, sebagian besar dengan alasan bahwa lahan atau tanah kosong masih bisa dibangun seperti apa saja sesuai kemauan.

Apabila Anda lebih memilih untuk membangun rumah dari awal di lahan kosong, Anda harus mulai mempertimbangkan dan perencanaan secara mendetail mulai dari desain, material, perijinan, jasa yang dipakai, dan RAB yang harus dikeluarkan. 


bangun rumah dari lahan kosong
Ilustrasi Membangun  Rumah 


Dengan demikian, jika Anda bingung mengenai alur untuk membangun rumah dari awal. Terdapat trik jitu yang dapat dilakukan oleh Anda jika ingin memulai membangun rumah, antara lain:

 1.    Menentukan Keinginan dan Kebutuhan Dalam Membangun Rumah

Dalam membangun rumah itu harus dibedakan antara keinginan dan kebutuhan kemudian Anda baru memikirkan mengenai desain rumah yang Anda inginkan. Apabila Anda belum mempunyai bayangan mengenai bentuk desain rumah, Anda bisa mencari informasi di tabloid atau majalah.

2.    Pilih Material Bangunan

Anda harus menentukan material yang digunakan dan harus disesuaikan dengan desain rumah yang Anda setujui. Dengan demikian, Anda juga tidak boleh melupakan RAB yang Anda sediakan. Perkembangan industri material bangunan sendiri cepat sehingga Anda harus sering mengupdate informasi mengenai material-material bangunan terbaru. 

Dengan melakukan update yang sering bisa membuat Anda mengerti material bangunan yang cocok dengan desain dan konsep rumah yang sedang dibangun. Dalam memilih material bangunan, Anda tidak boleh hanya melihat harga di salah satu toko bangunan saja akan tetapi Anda juga harus mengunjungi beberapa toko supaya bisa mendapatkan harga material bangunan yang murah dan berkualitas.

3.    Pembangunan Menggunakan Jasa Arsitek atau Tidak Menggunakan

Seringkali masyarakat bingung dalam menentukan pilihan yaitu menggunakan jasa arsitek terpercaya atau tidak menggunakan. 

Apabila Anda sudah yakin dengan desain yang Anda buat sendiri, Anda hanya perlu menggunakan jasa orang yang bisa mengaplikasikan desain ke dalam gambar yang nantinya akan dijadikan pedoman kontraktor dan tukang. Akan tetapi, jika sebaliknya disarankan untuk menggunakan jasa arsitek untuk melakukan segala tahapan pembangunan rumah Anda.


4.    Update Terhadap Peraturan Daerah

Dengan mengetahui peraturan daerah yang berlaku, seperti peruntukan lahan, Koefisien Dasar Bangunan (KDB), Koefisien Lantai Bangunan (KLB), Garis Sempadan Bangunan (GSB), dan Garis Sempadan Jalan (GSJ). Hal seperti ini memiliki kaitan dengan lokasi yang digunakan Anda untuk membangun, luas bangunan, tinggi lantai, dan jumlah lantai bangunan yang bisa dibangun dan sesuai dengan peraturan setempat. Terdapat persyaratan lainnya seperti jarak bangunan dengan utilitas jalan dan sungai.

5.    Mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Apabila sketsa desain rumah yang akan Anda bangun sudah ada dan tergambar maka Anda harus segera mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Cara pengurusan IMB ini sendiri mudah, Anda hanya mengurus di instansi pemerintahan mulai dari kantor kecamatan hingga kantor walikota atau bupati dan semuanya tergantung dari luas tempat yang akan didirikan rumah di atasnya. 

Untuk persyaratan yang lebih detail yang digunakan untuk mengurusan IMB maka Anda bisa mengunjungi kantor kecamatan atau Dinas Perijinan yang dekat dengan lokasi Anda membangun.

Inilah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam membangun rumah pada lahan kosong.

Related Posts

0 comments :

Post a Comment