Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Membangun Rumah

shares


Salah satu impian setiap orang, tentu ingin memiliki rumah idaman dan sesuai dengan keinginan mereka dari dulu. Namun, tidak semua orang tahu apa saja yang harus dipersiapkan saat akan membangun rumah idaman sehingga banyak dari mereka hanya let it flow (mengalir) begitu saja tanpa perencanaan. 

Tentu bisa ditebak hasil akhirnya, ada banyak risiko yang harus ditanggung termasuk kesalahan fatal seperti pada saat penentuan desain rumah sehingga hasil akhir dari pembangunan tidak sesuai rencana dan menyebabkan berbagai macam masalah.


persiapan membangun rumah
Persiapan Bangun Rumah Pekerjaan Pondasi


Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum anda membangun rumah, yakni:

 1.    Memilih lahan yang tepat

Banyak orang menyepelakan poin ini padahal sangat penting. Dalam memilih lahan, ada yang harus diperhatikan yaitu:

·         Tingkat kemiringan tanah, apakah tanah butuh diuruk atau tidak? Tanah kering atau basah? jika basah perlu pemadatan terlebih dahulu dan tunggu beberapa waktu sampai tanah siap untuk didirikan bangunan di atasnya sehingga tidak amblas.

·         Tanah tidak berada di area yang mudah longsor atau bergeser karena bisa membahayakan bangunan. Kondisi ini biasanya berada di pinggir sungai.
·         Tanah memiliki sumber air dengan jarak yang masih bisa dijangkau. Kondisi air juga bersih atau layak.


2.    Memilih desain dan fasilitas rumah

Membangun rumah impian, tidak bisa sembarangan. Salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan adalah desain rumah dari berbagai sudut termasuk interior dan eksteriornya. Selain itu, berbagai fasilitas rumah dari mulai ruang tamu hingga dapur dan kamar mandi juga dibuat sebaik mungkin. Sehingga, semua terasa sesuai kebutuhan dan keinginan. Hal ini harus diperhatikan secara matang.


3.    Menentukan budget

Budget adalah bagian terpenting dari proses pembangunan rumah. Tanpa budget, tentu saja rumah tidak bisa dibangun. Nah, baiknya Anda menentukan budget terlebih dahulu sebelum akhirnya bertemu dengan arsitek atau kontraktor untuk merencanakan anggarannya. 

Ini karena arsitek maupun kontraktor akan membangun rumah mengacu pada budget yang disediakan. Bisa jadi nantinya budget bertambah dari rencana awal yang telah Anda tetapkan sebelum berbicara dengan arsitek dan kontraktor.



4.    Memilih jasa arsitek dan kontraktor berpengalaman

Desain termasuk juga gaya rumah bisa dibuat sebaik yang Anda inginkan dengan bantuan jasa arsitek rumah dan jasa kontraktor rumah. Keduanya saling melengkapi. 

Arsitek akan merencanakan desain dan semua kebutuhan rumah sesuai kebutuhan sedangkan kontraktor akan membuat rumah selesai tepat waktu dan sesuai dengan budget yang direncanakan. Di sini juga berarti Anda memilih langkah yang tepat dengan bekerjasama dengan orang professional, terpercaya dan berpengalaman.


5.    Perizinan pendirian rumah

Di berbagai daerah, terutama di perkotaan, saat hendak mendirikan bangunan termasuk rumah akan dimintai IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Jika tidak memilik IMB ketika membangun rumah idaman, maka bangunan dianggap tidak sah dan bisa proses pembangunan bisa terkendala. 

Nah, yang mengurus izin ini bisa Anda sendiri selaku pemilik rumah atau bisa diserahkan kepada arsitek atau kontraktor untuk mengatasi semua permasalahan terkait pembangunan dimana termasuk di dalamnya ada IMB ini.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu bagi Anda yang hendak membangun rumah. Jangan lupa untuk melakukan research kecil-kecilan untuk mendapatkan layanan jasa arsitek rumah terpercaya dan professional yang bisa diandalkan. 

Selain itu, research atau penelitian kecil-kecilan ini juga bisa memberikan banyak inspirasi dan informasi baik terkait desain rumah maupun anggaran yang dibutuhkan. Anda bisa mempercayakannya kepada kami untuk mendapatkan yang terbaik.

Related Posts

0 comments :

Post a Comment