Beberapa Kesalahan Fatal yang Dilakukan Saat Membangun Rumah

shares


Apabila Anda melihat kondisi rumah Anda yang mulai bocor dan retak tentunya akan membuat Anda sedih. Hal ini sebenarnya membuat Anda merasa jengkel karena setiap beberapa tahun harus melakukan renovasi rumah misalnya dibagian kamar mandi. 

Hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh pembangunan rumah pada saat ini di Indonesia sudah tidak mengikuti aturan rumah zaman dahulu. 

Contohnya yaitu letak kamar mandi, pada zaman dahulu kamar mandi akan berada di belakang rumah akan tetapi saat ini kamar mandi berada di depan dan dipercantik menggunakan aneka keramik atau hal yang lain. 

Memang mendirikan rumah ala zaman ini boleh akan tetapi Anda juga harus mempertimbangkan keuangan yang dimiliki. 

Selain itu, mendirikan rumah atau merenovasi rumah harus memiliki proyeksi supaya tidak kehilangan banyak uang dan Anda juga dapat menggunakan jasa arsitek mengenai keuangan dengan memiliki perencanaan pemanfaatan ruang hingga 20 tahun ke depan.


kesalahan fatal membangun rumah


Banyak hal yang diakibatkan oleh banyaknya kesalahan yang diabaikan pada saat membangun atau merenovasi rumah, antara lain:


Tidak Melakukan Konsultasi Pada Ahli
Walaupun Anda sudah mempunyai uang yang cukup untuk melakukan pembangunan atau merenovasi rumah namun apabila pembangunan tidak direncanakan dengan matang dan tidak berkonsultasi pada ahlinya bangun rumah maka Anda tidak boleh merasa bersalah apabila uang yang Anda anggarkan tidak cukup dan membuat pembangunan menjadi terbengkalai. 

Apabila Anda menginginkan suatu rumah yang indah maka Anda harus siap juga untuk menyiapkan uang yang cukup. Anda tidak boleh hanya memaksakan kehendak semata akan tetapi bagian dalam dari rumah Anda tidak diperhatikan. Dengan demikian, Anda harus mengeluarkan biaya untuk belanja bahan bangunan dengan baik, sesuai dana dan ukuran rumah yang akan dibangun serta Anda tidak boleh melakukan kesalahan fatal seperti mengurangi anggaran.

Jadi.. sebaiknya berkonsultasilah kepada Arsitek atau Kontraktor Berpengalaman sebelum anda membangun rumah, sehingga semuanya dapat terencana dengan baik

Tidak Bersahabat dengan Alam
Saat ini banyak rumah yang tidak bersahabat dengan alam, seperti rumah yang jendelanya terletak menghadap matahari. Hal ini dapat berakibat pantulan cahaya matahari akan membuat rumah menjadi panas dan membuat kondisi bahan bangunan cepat rusak. Apabila rumah sering terpapar sinar matahari maka material akan lapuk, dinding memuai, muncul retak yang  menimbulkan rembesan air, dan warna cat sendiri akan cepat memudar. 

Kemudian, dalam membangun rumah, Anda tidak boleh menebang pohon yang berada di sekitar rumah Anda karena dengan adanya pohon membantu membuat suasana rumah menjadi nyaman, teduh, dan sirkulasi udara yang berada di rumah akan baik. Anda juga harus memastikan bahwa ventilasi yang terdapat di rumah Anda cukup dan Anda menggunakan bahan bangunan yang bersahabat dengan iklim di Indonesia.


Kurang Handalnya Tukang Bangunan
Dalam membangun atau merenovasi rumah, Anda harus menggunakan tenaga tukang yang sudah memiliki pengalaman banyak. Akan tetapi Anda jangan langsung percaya dengan seseorang yang mengaku bisa membangun rumah tetapi tidak handal dalam bekerja. Contoh dari hal tersebut seperti pemasangan keramik atau batu sebenarnya tidak semua tukang dapat mengerjakannya dengan baik dan berakibat keramik akan mudah retak, copot, dan rontok dalam waktu yang singkat. 


Selain itu, banyak ditemukan bahwa keramik yang terpasang di lantai dan dinding kopong atau kosong pada tengahnya. Hal ini diakibatkan oleh semen pelapis yang tidak penuh sempurna padahal semen merupakan perekat sehingga keramik mudah pecah. Kemudian pengerjaan yang terlalu tergesa-gesa akan mempengaruhi kualitas daya tahan bangunan. Hal demikian terjadi apabila tukang bangunan sudah ada yang menunggu di tempat lainnya.

Related Posts

0 comments :

Post a Comment